Foto Asli dan Rekayasa Chairul Tanjung (CT) Tunjuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Foto Chairul Tanjung (CT) menunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) beredar di media sosial. Foto yang diunggah di Facebook dan Twitter itu ramai diperbincangkan.

Dalam foto itu, CT terlihat menunjuk SBY. Raut muka CT terlihat marah kepada SBY. Aslikah foto itu?

Perhatikan kedua foto di bawah ini:

Foto Asli dan Rekayasa Chairul Tanjung (CT) Tunjuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Foto aslinya, bagian mulut Pak CT seakan-akan mengucapkan kata A, padahal aslinya U.

Foto asli menggunakan Jempol bukan jari telunjuk, dalam foto rekayasa terkesan seakan-akan marah dan memerintahkan untuk segera keluar dari ruangan.
 
Pada foto asli ada LCD besar di samping CT yang digunakan oleh bos CT Corps tersebut untuk memberikan penjelasan kepada SBY dan rombongan. Namun dalam foto yang beredar di media sosial, TV LCD tersebut tidak ada. Sehingga seakan-akan tampak CT seolah-olah menunjuk dan meminta kepada SBY dan rombongan untuk pergi keluar ruangan.

Menurut Pakar Digital Forensik Hotland Sitorus, foto CT menunjuk SBY yang beredar itu palsu. "Saya jamin kalau foto tersebut adalah hasil rekayasa, jadi itu tidak perlu dibesar-besarkan. Dapat dipastikan jika foto tersebut hasil rekayasa.

Menurut dosen dari Universitas Tanjungpura ini, hasil editan foto itu dilakukan pada 25 September 2013. Kemudian, setelah diedit, foto itu langsung diunggah di media sosial seperti Twitter.

Presisi elemen gambar pada border lengan kiri tidak sama kualitasnya dengan elemen gambar tubuh CT, rekayasa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak open source gd-jpeg v1.0," jelasnya.

Jika dilihat tangan kirinya yang digunakan menunjuk SBY terlihat tidak proporsional. "Demikian juga posisi tangan kiri yang menunjuk ke arah sisi luar kiri, tidak tepat apabila disandingkan dengan posisi badan, terutama arah wajah CT," katanya.