Cara Install Aplikasi Dapodik 2013

Salam sejahtera, Sistem aplikasi Data Pokok Pendidikan Pendidikan Dasar (Dapodikdas) adalah organisasi data untuk mengelola data pokok di lingkungan pendidikan dasar mencakup pendataan Sekola, PTK, dan Peserta Didik.
Setelah kemarin menerbitkan posting Download Aplikasi Dapodik 2013 kali ini Blog Pendidikan menjelaskan bagaimana Cara Install Aplikasi Dapodik 2013 dan Spesifikasi Minimum Komputer yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Dapodik 2013 ini.

Spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi Dapodik 2013 sebagai berikut :
1. Processor minimal Pentium IV
2. Memory minimal 512 MegaByte
3. Storage tersisa minimal 100 MegaByte
4. CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD

Spesifikasi perangkat lunak Minimum Sofware (Operating Sistem) yang dibutuhkan sebagai berikut:
1. Microsoft Windows Operating System
a. Windows XP SP2
b. Windows Vista
c. Windows 7
d. Windows 8 (Aplikasi tidak bisa berjalan di Windows 8 RT)
e. Windows Server 2003 atau yang terbaru

2. Browser Internet Modern
a. Firefox, atau
b. Chrome

Jika spesifikasi perangkat baik perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer anda sudah memenuhi kriteria diatas, anda tinggal melakukan proses Installasi Aplikasi, Berikut Cara Install Aplikasi Dapodik 2013 :
1. Pastikan anda telah selesai melakukan Download Aplikasi Dapodik 2013, jika belum silahkan Download DISINI

2. Jalankan program instalasi dari hasil download Dapodik 2013 klik Setup.exe Setelah itu aplikasi akan berjalan dan akan ditayangkan seperti gambar berikut
Disarankan untuk menutup program lainnya sebelum memulai proses instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas yang terkait dapat diperbarui tanpa harus booting ulang Komputer Anda.
3. Tekan tombol "Lanjut" untuk melanjutkan atau tombol "Batal" untuk membatalkan instalasi.
4. Jika anda melanjutkan proses Installasi maka akan ditampilkan bagian pemilihan port. Pada pemilihan port ini, Httpd Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengecek kembali portnya, klik tombol "Check Port" agar port tidak bentrok seperti gambar dibawah:

4. Setelah selesai dalam memilih port, setelah Anda klik Lanjut maka akan tampil form persetujuan seperti pada gambar berikut:

5. Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini. Setelah Anda baca
dengan seksama dan Anda menyetujui tekan tombol "Saya Setuju Dengan Kesepakatan Tersebut" yang berarti Anda setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut lalu klik "Lanjut". Proses installasi berlangsung

6. Setelah proses penginstallan selesai, klik "Lanjut" dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai seperti gambar dibawah.

7. Tunggu sampai indikator proses ekstrasi selesai, setelah itu tekan tombol "Selesai" untuk menutup program
instalasi.
7. Setelah proses installasi selesai aplikasi akan muncul pada menu dekstop komputer anda klik menu aplikasinya akan tampil seperti gambar dibawah ini.
Note :
1. Untuk registrasi (Kode Registrasi) adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan. 
2. Pastikan Pengaturan Waktu dan Time Zone di Komputer Anda Akurat.

Demikian penjelasan Cara Install Aplikasi Dapodik 2013 semoga bermanfaat......Terima kasih.