5 November, Anonymous Akan Lumpuhkan Facebook

Memang belum ada konfirmasi khusus dari Anonymous terkait rencananya untuk melumpuhkan Facebook pada tanggal 05 November besok. Namun, sejumlah media asing melaporkan bahwa Anonymous sedang kesal dengan Zynga dan berimbas pada Facebook.
Dalam sebuah laman di Naked Security Sophos (02/11) melansir bahwa sejumlah media besar asing seperti Daily Mail, Wired, CNET dan banyak lagi menuliskan, hacktivist terkenal dunia, Anonymous geram terhadap ulah Zynga.
Zynga menjadi terkenal sejak beberapa permainan besutan mereka dapat dimainkan di Facebook secara langsung. Namun ketika Zynga memutuskan untuk tidak lagi tergantung pada Facebook dan memilih untuk membuat website sendiri, justru blunder terjadi.
Bahkan ketika Zynga tidak lagi menggratiskan permainan-permainan mereka, popularitas perusahaan satu ini akhirnya sedikit demi sedikit merosot.
Dikarenakan popularitas dan keuntungannya terus menurun, ada kabar bahwa Zynga akan memecat 1000 karyawannya. Dan aksi pemecatan ini lah yang memantik kekecewaan Anonymous untuk melakukan serangan ke Facebook.
Tentunya akan membingungkan apa hubungannya kekecewaan Anonymous, Zynga dan Facebook itu sendiri. Secara logika apabila Anonymous harus kecewa dengan kelakuan Zynga, maka bisa saja mereka langsung menghajar website resmi Zynga tanpa harus 'melukai' Facebook.
Namun, dalam suatu pernyataan yang diunggah di Wired, Anonymous sengaja ingin melumpuhkan Facebook selain karena 'aksi diktator' Zynga, mereka juga ingin merilis game-game berbayar milik Zynga untuk dapat dimainkan di Facebook secara gratis.
Tentunya, untuk melakukan hal tersebut, Facebook harus ditundukkan dahulu baru kemudian mereka dapat merilisnya secara langsung.
Namun, ada beberapa hal yang patut dicermati. Anonymous adalah hacktivist yang tidak memiliki 'kantor pusat' atau pun jajaran yang tetap dan pasti.
Banyak hacker yang juga menamakan dirinya atau kelompoknya sebagai bagian dari Anonymous. So, bisa jadi aksi ingin melumpuhkan Facebook ini bukanlah kehendak Anonymous dari seluruh dunia atau dapat dikatakan hanyalah rasa kecewa dari satu atau sekelompok orang saja dengan mengatasnamakan Anonymous.
Satu hal lagi, di tahun 2012 lalu ada rumor bahwa Anonymous pernah akan melumpuhkan Facebook. Namun di tanggal yang ditetapkan, Facebook juga tetap berjalan seperti normalnya. Tidak ada apa-apa yang terjadi.
Bahkan ketika Facebook sempat down beberapa jam di tahun 2012 lalu, ada tudingan bahwa Anonymous yang melakukannya, namun hacktivist satu ini mengatakan dalam account Twitter-nya, "Kenapa kita harus merusak taman bermain sendiri (Facebook)? Kita perlu Facebook untuk menyebarkan informasi dan bertukar segala hal."
So, kira-kira pada tanggal 05 November yang jatuh besok ini, apakah rencana pelumpuhan Facebook oleh Anonymous benar-benar terjadi?
sumber : http://www.merdeka.com/teknologi/besok-anonymous-lumpuhkan-facebook.html