Antara Padamu Negeri dan DAPODIK

Ternyata masih banyak yang bertanya tentang sistem pendataan di PADAMU NEGERI dan DAPODIK, tentang perbedaan kedua sistem pendataan tersebut, nah agar tidak salah presepsi dan praduga tak bersalah, tuding sana, tuding sisni simak ulasan berikut ini. 
Berdasarkan ulasan di bpsdmpk kemdikbud menjelaskan bahwa PADAMU NEGERI tidak ditujukan sebagai pengganti program DAPODIK Kemdikbud. Layanan PADAMU NEGERI dikelola oleh BPSDMPK-PMP Kemdikbud bekerjasama dengan PT. Telkom secara legal dalam rangka pelaksanaan tupoksi Penjaminan Mutu Pendidikan melalui program EDS dan VerVal NUPTK yang telah berlangsung setiap tahun sejak tahun 2006 hingga saat ini. Dari kerjasama tersebut Sistem PADAMU NEGERI dibangun diatas "Platform" Aplikasi SIAP Online Edisi Gratis (Bebas Biaya) milik PT. Telkom. Hasil PADAMU NEGERI sebagai dasar perencanaan program UKG, Sertifikasi Guru, Diklat PTK diperiode selanjutnya mulai 2014 nanti. Jadi tidak perlu ada kekuatiran berlebihan terhadap kehadiran PADAMU NEGERI yang tujuannya berbeda dengan DAPODIK. Hal ini sama halnya dengan program PDSS dari Dikti untuk proses seleksi SNMPTN (https://pdss.snmptn.ac.id/). PADAMU NEGERI terbuka untuk menunggu hasil DAPODIK secara menyeluruh agar bisa segera berbagi data yang akurat melalui PDSP sehingga layak menjadi sumber referensi data utama bagi unit kerja lainnya yang membutuhkan termasuk PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP. Jika nantinya hasil DAPODIK telah siap dan terbuka akses datanya melalui PDSP maka PADAMU NEGERI tentu akan menyesuaikan di periode selanjutnya. PADAMU NEGERI mendukung program DAPODIK sebagaimana yang direncanakan untuk digunakan sebagai sumber data tunggal (referensi data utama) bagi seluruh unit utama di Kemdikbud mulai tahun 2014 nanti. BPSDMPK-PMP sebagai salah satu unit utama Kemdikbud telah menyiapkan Aplikasi PADAMU NEGERI saat ini termasuk perangkat pendukungnya untuk terintegrasi dengan DAPODIK mulai 2014 nanti sebagaimana surat edaran dari Wamendikbud tanggal 30 Agustus 2013. PADAMU NEGERI juga disiapkan sebagai "Contingency Plan"  BPSDMPK-PMP untuk antisipasi pada suatu keadaan yang tidak sesuai rencana utama tersebut..Demikian semoga bisa mencerahkan semua pihak terkait.
Antara Padamu Negeri dan DAPODIK
Intinya bahwa dari kedua sistem tersebut berbeda, maksudnya berbeda dari rumah pengelaola jika PADAMU NEGERI dikelola oleh BPSDMPK-PMP bekerjasama dengan PT. Telkom sedangkan DAPODIK dikelola oleh DIKDAS (Sistem Pendataan Pendidikan Dasar) kedua sistem itu berada dalam satu atap yaitu KEMDIKBUD. 
Pada akhirnya nanti kedua sistem ini akan saling mengisi dan berguna untuk semua instansi pendidikan baik pusat, provinsi, daerah, kabupaten bahkan sampai kecamatan. Data yang ada di DAPODIK nanti akan dimutasi ke PADAMU NEGERI begitu semua data di DAPODIK sudah Final. 
Jadi tidak ada yang sampai beranggapan bahwa PADAMU NEGERI itu ilegal atau DAPODIK itu legal atau sebaliknya. Dihimbau untuk para tenaga pendidik dan kependidikan agar menginput data sesuai yang telah diinstruksikan oleh atasan sesuai surat keputusan yang telah ditetapkan.

Sekian, Salam Pendidikan