Contoh Pembagian Jam Mengajar Untuk SD

Jam mengajar adalah prioritas utama bagi guru baik yang telah diserifikasi ataupun yang belum disertifikasi sebagai dasar utama dalam pemenuhan JJM yang telah ditetapkan pemerintah untuk mendapatkan SK tunjangan profesi dan penetapan calon peserta sertifikasi guru. 
Bagaimana memperbaiki masalah Jumlah Jam Mengajar (JJM)? Sebagaimana dijelaskan pada posting sebelumnya tentang Memperbaiki Masalah Jumlah Jam Mengajar (JJM) pada Dapodik 2013.
Contoh Pembagian Jam Mengajar Untuk SD
Berikut ini adalah Contoh Pembagian Jam Mengajar Untuk SD

1. Pembagian jam mengajar untuk kelas 1 : Guru kelas 24 jam, pendidikan Agama 2 jam, Penjas 2 jam, dan mulok 2 jam. Jadi jumlah jam mengajar untuk kelas 1 adalah 30 jam per minggu. 
2. Pembagian jam mengajar untuk kelas 2 : Guru kelas 24 jam, pendidikan Agama 3 jam, Penjas 2 jam, dan mulok 2 jam. Jadi jumlah jam mengajar untuk kelas 2 adalah 31 jam per minggu. 
3. Pembagian jam mengajar untuk kelas 3 : Guru kelas 24 jam, pendidikan Agama 3 jam, Penjas 3 jam, dan mulok 2 jam. Jadi jumlah jam mengajar untuk kelas 3 adalah 32 jam per minggu.
4. Pembagian jam mengajar untuk kelas 4, 5 dan 6 : Guru kelas 25 jam, pendidikan Agama 3 jam, Penjas 4 jam, dan mulok 2 jam dan Bahasa inggris 2 jam. Jadi jumlah jam mengajar untuk kelas 4, 5 dan 6 adalah 36 jam per minggu.

Pembagian jam untuk Kepala sekolah  adalah 6 jam dari mengajar di kelas dan 18 jam dari tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Agar JJM liniernya minimal 24 jam sebagai syarat mendapatkan tunjangan profesi, 6 jam didapatkan dari mengajar di rombel sesuai kode sertifikasinya. Jika masih ada Bapak/Ibu guru yang belum menerima Tunjangan Profesi silahkan Cek Data Pembayaran Tunjangan Profesi Guru klik link tersebut.
Demikian informasi ini semoga memberikan manfaat bagi kita semua terima kasih.