Lolos Passing Grade TKD Belum Tentu Ikut TKB

Peserta Tes Kompetensi Dasar (TKD) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar di Bontang (3/11) lalu harus bersabar. Sebab, hasil tes rencananya baru diumumkan Panitia seleksi nasional (Panselnas) pada tanggal 25 November hingga 4 Desember 2013 mendatang. Selain itu, peserta yang lolos Passing Grade belum tentu dapat mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB) nantinya.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bontang Siti Ngaisah menyatakan pihaknya belum bisa menyebutkan jadwal tepat hasil tes CPNS akan diumumkan. Sebab, hasil seleski dan koreksi semua dilakukan oleh Panselnas. Selain itu, pihaknya berkaca dari pengalaman pada saat penyerahan naskah LJK ke Panselnas. Saat itu, naskah LJK yang dikawal oleh tim BKD, Inspektorat, dan Kepolisian sudah tiba di Jakarta (4/11) lalu. Namun, padatnya antrean membuat penyerahan naskah LJK baru bisa dilakukan pada Rabu, (6/11).
“Pada saat penyerahan LJK ke Panselnas saja dibutuhkan waktu 3 hari. Bahkan, daerah lain ada yang harus antre 6 hari, contohnya Nunukan. Sebab itu, kami belum tahu kapan tepatnya hasil tes TKD dari Bontang akan diumumkan. Apakah akan lebih awal atau di hari-hari terakhir selam proses pengumuman,” ungkap Ngaisah saat ditemui di ruangannya Selasa, (12/11).
Dijelaskannya, peserta yang lolos passing grade saat TKD tidak semuanya akan mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Pasalnya, yang berhak mengikuti TKD hanya 2 kali lipat dari jumlah formasi yang dibutuhkan. Misalnya, formasi X dibutuhkan sebanyak 10 orang, berarti peserta yang mengikuti TKD untuk formasi X itu hanya 20 peserta saja.
“Sebab itu yang lolos passing grade nanti akan dirangking lagi untuk mengikuti TKD. Nah, jika sudah mengikuti TKD maka kesempatan lolosnya 50 persen,” jelasnya.
Alasan TKD digelar, kata dia, agar para peserta yang lolos benar-benar berkompeten di bidangnya masing-masing. Untuk pelaksanaan TKD, sambungnya, BKD akan bekerjasama dengan instansi terkait sesuai dengan formasi yang dilamar. Contohnya, jika formasi mengenai kesehatan maka BKD akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang, untuk formasi tenaga pengajar atau guru akan bekerjasama denga Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang.
“Jika hasil tes TKD sudah dikeluarkan oleh Panselnas, maka kami akan menggelar TKD yang bekerjasama dengan seluruh instansi terkait di masing-masing formasi,” pungkas Ngaisah.