Menjadi Seorang Guru Tidak Mudah

Tuntutan tanggung jawab yang begitu besar ada di pundak guru. Seorang guru diharapkan mampu memberikan ilmu pengetahuan sekaligus mendidik anak agar memiliki sifat yang baik. Di lain hal, guru juga harus mampu memberikan contoh perilaku yang baik pula.
Menjadi seorang guru tidaklah mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi, kesiapan mental, moral, kepribadian dan tutur kata yang baik hendaklah dimiliki seorang guru sebagai dasar utama menjadi tauladan didepan siswa, orangtua dan masyarakat. Pendidikan sebagai latar belakang menjadi seorang guru tidak mudah didapatkan dizaman sekarang. Menurut penuturan salah seorang senior pendidikan, dahulu untuk menjadi seorang guru tidak perlu repot-repot harus melalui prosedur yang rumit untuk mendapatkan ijazah dan akta agar dapat mengajar, menjadi guru dizaman dahulu bukan oknumnya yang pergi mendaftar tetapi dijemput dirumah dan meminta kesediaan menjadi guru melalui pendidikan mulai dari KPG, SPG, dll dan diangkat langsung menjadi PNS, coba sekarang seperti itu tidak akan ada namanya guru honorer...itu dulu!
Kesiapan mental, moral, kepribadian, tutur kata dan latar belakang pendidikan sebagai dasar utama untuk menjadi guru. dari 5 hal diatas mudah saja untuk menjadi seorang guru akan tetapi masih banyak lagi hal-hal yang harus diketahui dan dipahami seorang guru.
Menjadi Seorang Guru Tidak Mudah
Guru bukan hanya sekedar nama yang sebagian besar orang menganggap pekerjaan biasa-biasa saja "ah.....cuma guru......!" ketika ditanya seorang teman lama "Pekerjaan sekarang apa? si guru menjawab "Ah......pekerjaan saya hanya seorang guru, bukan pegawai kantoran....." kalimat ini sering terdengar dan pernah salah seorang pakar pendidikan menyampaikan dalam pidatonya di pertemuan besar guru se Indonesia, kalimat tersebut seolah menggambarkan bahwa pekerjaan/profesi sebagai guru hanyalah pekerjaan biasa-biasa saja dan tidak memiliki wibawa dalam bidang pekerjaan, mungkin si guru tersebut tidak memahami profesinya sebagai guru atau memeng profesi tersebut belum memiliki tempat untuk disejajarkan di bidang pekerjaan lain di negeri ini. 
Mengapa pekerjaan guru dikatakan sebagai pekerjaan profesi? dikatakan guru sebagai pekerjaan profesi, dia harus memiliki bakat, kreatifitas, pengetahuan, kemampuan, dalam hal pekerjaan ini, guru bekerja langsung berhadapan dengan benda hidup dan benda mati dalam bahasa pekerjaan adalah benda hidup (manusia) dan  benda mati adalah mengatur segala administrasi yang ditrasfer kedalam kertas, maka dari itu guru harus memiliki bakat, kreatifitas, pengetahuan dan kemampuan untuk menunjang pekerjaan tersebut.

Ternyata sulit menjadi seorang guru...... tidak semudah apa yang diomongkan dan dihayalkan bahwa menjadi seorang guru itu mudah saja.
Jika anak itu berprestasi dalam satu bidang siapa yang ditanya terlebih dahuli...? Anak siapa itu....pintar sekali ya...! pasti orang tuanya...tapi....
Jika anak itu berbuat asusila atau kriminal, siapa yang ditanya terlebih dahuli....? siapa gurunya....kelas berapa.....! setiap yang jelek-jeleknya pasti buntut-buntutnya guru.

Tapi tidak semua anggapan itu sama persis pada tulisan tersebut, masih banyak orang tua, masyarakat dan pemerhati pendidikan selalu mengedepankan guru dalam hal-hal apapun yang berhubungan dengan pendidikan dan mendapat penilaian baik dimata masyarakat. 

Masih ingat dengan syair lagu ini! ya pasti yuk nyanyi sama-sama :
"Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak guru 
Namamu akan selalu hidup dalam sanubari ku
Semua baktimu akan ku ukir didalam hatiku
Sbagai prasasti trima kasihku tuk pengabdian mu
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa.......
Tanpa tanda jasa"
Terima kasih........Salam Pendidikan