14 Desember, Pengumuman Hasil Tes CPNS Bertahap

Menjelang pengumuman hasil tes cpns 2013 baik honorer k2 dan umum. Panselnas CPNS 2013 sampai hari ini masih tetap berpatokan pada jadwal yang ada yakni 14 Desember. Diharapkan kepada seluruh peserta tes CPNS agar tidak terjebak isu yang menyebutkan bahwa Pengumuman Tes CPNS telah keluar/diterbitkan Pengumuman Tes CPNS 2013 akan diumumkan melalui website resmi pemerintah yang menangani rekrutmen cpns yakni www.menpan.go.id dan www.bkn.go.id serta website-website departemen pemerintah yang menangani rekrutmen cpns 2013.

Mengapa Pengumuman Hasil Tes CPNS Dilakukan Bertahap?

Pengumuman Hasil Tes CPNS 2013 akan lakukan bertahap. Kenapa bertahap? Karena masih banyak instansi terutama honorer yang belum selesai pengolahan hasil tes kompetensi dasar (TKD) maupun tes kompetensi bidangnya (TKB).
14 Desember mendatang yang akan diumumkan pertama adalah peserta CAT. Sebab mereka lebih dulu menyelenggarakan tes. Itupun tidak seluruh instansi penyelenggara tes CAT serentak pada 14 Desember, tapi bisa beberapa hari. Yang jelas bulan ini kita prioritaskan pengumuman untuk pelamar umum.
Adapun tenggat waktunya tidak bisa saya bilang satu pekan, dua pekan atau tiga pekan. Prinsipnya kita ingin cepat, cuma kondisi di lapangan tidak semudah itu. Pengolahan LJK-nya sampai hari ini masih terus berlangsung. Sekitar dua jutaan LJK yang harus diperiksa Panselnas yang jumlah SDM-nya sangat terbatas. Belum lagi masalah LJK honorer yang harus diperiksa satu persatu, memakan waktu lebih panjang.
Kita mengupayakan agar honorer K2 bisa diumumkan hasil tesnya bulan ini. Namun kalau susah direalisasikan, terpaksa loncat di Januari 2014. Apalagi untuk honorer K2 ini kita harus melakukan pemeriksaan ketat.
Setelah pengolahan datanya selesai, Panselnas memberikan hasilnya kepada masing-masing instansi. Hasilnya itu berupa daftar nilai dan urutan rangking para peserta. Kemudian instansi yang mengumumkan hasil tersebut. Namun jangan coba-coba mengubah hasilnya, karena Panselnas mempunyai backup datanya sehingga bila ada yang berani mengutak-atik, sanksi berat akan diberikan pada oknum tersebut.