Soal UAS SD DI Banten Menyebutkan Pelecehan Seksual

Ujian Akhir Semester (UAS) siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Serang, Banten, mendadak heboh. Pasalnya, pada soal ujian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk kelas lima, terdapat soal tentang 'pelecehan seksual'.

Pertanyaan dalam soal ujian itu antara lain: Sebutkan salah contoh perbuatan pelecehan seksual?; Bagaimana menghindari terjadinya pelecehan seksual?; Bagaimana agar iman kita tetap kuat dan terhindar dari pelecehan seksual; Bagaimana sikapmu bila melihat temanmu melakukan pelecehan seksual?; dan Sebutkan salah satu dampak pelecehan seksual?

Sejumlah guru merasa bingung dengan bentuk pertanyaan soal tersebut, karena dalam pengajaran sehari-hari tidak ada pembahasan mengenai pelecehan seksual.
Soal UAS SD DI Banten Menyebutkan Pelecehan Seksual
"Padahal baik di buku materi atau lembar kerja siswa yang saya ajarkan tidak ada pembahasan mengenai pelecehan seksual," ujar Hamdani, guru PJOK di SDN 1 Lopang Domba, Kota Serang, Banten.

Kepala SD Negeri 1 Lopang Domba Yoyoh M menilai bentuk soal tidak sesuai dengan pengetahuan siswa. Pihaknya juga akan rapat bersama Kepala Sekolah dan Pengawas terkait penemuan ini.

"Kalau menurut saya ini tidak pas untuk SD. Ini harusnya pertanyaan untuk mahasiswa," ujarnya.