Pengertian Media Kartu Huruf

Pengertian Media Kartu Huruf - Kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media, baik karton, kertas maupun papan tulis (tripleks). Potongan-potongan huruf tersebut dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata, katamaupun kalimat.Penggunaan kartu huruf ini sangat menarik perhatian siswa dan sangat mudah digunakan dalam pengajaran membaca permulaan. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif siswa dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.


Langka-langkah membuat dan menggunakan media kartu huruf
Abjad-abjad dibuat dari karton agak tebal dengan ukuran 5 cm x 5 cm. Konsonan dibuat dengan warna merah dan huruf vokal dibuat dengan warna biru. Konsonan dibuat dua stel dengan menggunakan warna yang kontras tanpa membedakan konsonan dan vokalnya.
Cara menggunakan kartu huruf dalam pengajaran membaca permulaan Hainstock (1999:205) menjelaskan bahwa kartu-kartu huruf yang telah dibuat dengan cara sebagai berikut.
a. Biarkan siswa mengenalkan dirinya sendiri dengan huruf-huruf dengan cara menemukan huruf-huruf sebagaimana yang diterima.
b. Pilihlah kata yang terdiri dari tiga huruf, ucapkan kata-kata itu kepada siswa dan biarkan dia mencari haruf-huruf yang ia dengar.
c. Teruskan membuat kata-kata dengan cara ini hingga siswa mampu bekerja sendiri, dengan kata-kata pilihannya sendiri.
d. Kata-kata itu bisa dibaca dan ditulis setelah mereka susun.

Untuk menyempurnakan tulisan diatas silahkan anda download pada link dibawah ini :

Download Link