Pengertian Membaca dan Menulis Permulaan

Pada kesempatan kali ini Blog Pendidikan akan berbagi tentang : Definisi/Pengertian Membaca dan Menulis Permulaan bagi sisiwa kelas 1 SD. Bahasa merupakan sarana utama untuk berpikir dan bernalar. Dengan demikian bahasa dapat mempengaruhi perkembangan hidup manusia karena manusia menggunakan bahasa dalam berpikir, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Seseorang telah mengetahui bahwa kegiatan membaca boleh dikatakan sebagai kegiatan yang tidak terlepas dari kehidupan manusia. Untuk memperoleh berbagai informasi dengan membaca juga bisa didapatkan melalui media cetak dan bahkan yang melalui pesan pun bisa dilengkapi dengan tulisan. Pendidikan sebagai upaya yang bersifat holistik juga tidak akan terlepas dari membaca.

Membaca merupakan salah satu aspek di dalam kebahasaan. Ada empat aspek dalam keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat aspek inilah yang menjadi dasar dari kebahasaan. Pembelajaran membaca ini sudah dimulai dari pendidikan sekolah dasar yang dimulai dengan pengenalan huruf hingga cara membaca yang tepat. Selain itu, membelajarkan membaca pada saat di sekolah dasar akan dapat memberikan rasa senang terhadap membaca yang pada nantinya akan membantu siswa meningkatkan pengetahuan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Untuk memperjelas pengertian diatas anda bisa mendownload pada link yang telah disiapkan pada akhir tulisan ini. Tulisan ini dikutip dari bebrapa referensi tentang membaca dan menulis permulaan bagi siswa kelas 1 SD.
Diharapkan tulisan ini juga bisa menjadi referensi bagi anda sebagai bahan rujukan dalam penyususnan KTI atau tugas akhir perkuliahan.

Download Link