Kebijakan Afirmasi Untuk Honorer K2 Yang Belum di Umumkan

Panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS 2013 mengumumkan kelulusan tenaga honorer kategori dua (K2) dari 83 pemerintah daerah, tingkat pemprov dan pemkab/pemko.
Mayoritas yang diumumkan kemarin adalah pemda-pemda di wilayah Sumatera, seperti Sumbar, Sumsel, Lampung, Jambi, dan Sumut, dan beberapa daerah luar Sumatera. Hingga saat ini, masih ada beberapa daerah yang belum diumumkan, Aceh dan Banten misalnya.
Kebijakan Afirmasi Untuk Honorer K2 Yang Belum di Umumkan
Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Herman Suryatman mengungkapkan, untuk daerah yang belum diumumkan karena memang kajian untuk kebijakan afirmasinya dilakukan secara mendalam.
Kebijakan afirmasi adalah kebijakan khusus, dengan pertimbangan-pertimbangan khusus seperti masa kerja dan usia honorer.

Nah, kajian khusus yang menyangkut afirmasi ini yang membutuhkan waktu lama. Ini juga yang terjadi pada kasus honorer K2  Medan, Siantar, Labuhanbatu Utara yang pengumumannya tidak bareng dengan yang diumumkan Kamis.

Namun, proses kajian data untuk afirmasi Aceh, relatif lebih memerlukan waktu lama.
"Perlu dilakukan validasi data untuk mengambil kebijakan afirmasi," ujar Herman.
Dikatakan, perlu ketelitian untuk melakukan validasi data usia atau tanggal lahir honorer K2. Faktor tersebut diramu dengan nilai tes, yang disandingkan passing grade, yang hasilnya untuk menentukan kelulusan.