Apa Saja Yang Disiapkan Mengikuti PLPG Sertifikasi Guru 2014

Berikut Blog Pendidikan akan berbagi cerita,.....tahun 2012 kemarin Admin mengikuti PLPG  pada bulan April 2012, nggak nyangka kalau proses registrasi peserta PLPG harus memenuhi syarat berdasarkan petunjuk formulir registrasi pendaftaran, wah.....sempat shok waktu itu,...timbul berbagaimacam pertanyaan didalam hati, apakah ditrima proses registrasinya dengan berkas yang belum lengkap....? terpaksa ambil kesimpulan sendiri isi formulir registrasi peserta PLPG sampai selesai, kemudian langsung menanyakan kepada PSG (Panitia Sertifikasi Guru) penyelenggara PLPG, dengan berbagai alasan....tetap tidak bisa di berikan ID Card Peserta PLPG waktu itu.
Kekurangan berkas admin  pada saat Registrasi peserta yaitu, tidak membawa perangkat pembelajaran, silabus dan RPP kelas yang saya Ampuh, proses registrasi dimulai Pukul 14.00 - 16.00, wah....hanya 2 jam untuk kembali kesekolah mengambil perangkat pembelajaran tersebut, terpaksa harus kembali mengambil silabus dan RPP tersebut, untung jarak dari tempat Pelaksanaan PLPG berkisar 20 Km saja, eh....ada teman yang datang membawakan Silabus dan RPP, senang rasanya....tidak lama lagi pukul 16.00 Pelaksanaan PLPG segera dibuka, melapor dan menunjukkan silabus dan RPP tersebut, Alhamdulillah ID Card Peserta PLPG sudah ditangan.
Itu sedikit pengalaman yang saya rasakan sewaktu mengikuti PLPG, jadi untuk rekan-rekan yang akan mengikuti PLPG 2014 mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.
Apa saja yang harus disiapkan mengikuti PLPG......?

1. Cek kesehatan anda sebelum berangkat. 
Pastikan anda benar-benar dalam keadaan sehat. Jangan Memaksakan diri untuk tetap ikut jika anda benar-benar sedang sakit. Banyak kasus peserta PLPG sakit parah, bahkan sampai meninggal sebenarnya bukan karena pelaksanaan PLPG berat, tetapi memang sebelumnya sudah sakit. Andai anda memang punya masalah kesehatan, siapkan obat-obatan yang cukup. Sangat disarankan anda mengkonsumsi produk kesehatan herbal.

2. Siapkan mental anda. 
Tanamkan di pikiran anda jika orang lain bisa, anda pasti juga bisa. Untuk itu selalu berpikirlah positif. Jangan pelihara rasa was-was, takut, dan lain sebagainya yang membuat anda stres. Anda tidak perlu mendengarkan kata orang, apalagi khabar-khabar yang serem. Karena kenyataanya tidak sesulit yang dibayangkan.

3. Siapkan keuangan secukupnya.
Dalam pelaksanaan nanti, anda akan melaksanakan tugas-tugas dari asesor. Di antaranya anda harus membuat Proposal PTK, membuat perangkat pembelajaran(Silabus, RPP, Media Pembelajaran, LKS,dll) untuk itu anda butuh foto copy, beli kertas, beli alat tulis, dll.

4. Siapkan dokumen pembelajaran. 
Dokumen yang diperlukan dalam pelaksanaan PLPG yaitu; Kurikulum, buku materi, refrensi, dan contoh RPP yang relevan dengan bidang keahlian masing-masing.

5. Khusus untuk guru BK membawa: 
Buku-buku yang berkaitan dengan BK, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 tahun 2008 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kopetensi Konselor, program penyelenggaraan bimbingan dan konseling, contoh laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling, contoh instrument asesmen, dan contoh media serta pendukung penyelenggaraan layanan BK.

6. Diharapkan membawa Laptop 
Untuk dipergunakan dalam workshop pengembangan perangkat pembelajaran.

7. Dan Jangan lupa! 
Membawa pensil 2B, penghapus, bolpoin, dan alas LJK untuk pelaksanaan ujian tulis di akhir kegiatan.

8. Kerjasama dan Kekompakan
Pelaksanaan PLPG akan banyak tugas-tugas yang akan diberikan oleh Tim Asesor, setiap materi akan selalu diberikan tugas, baik tugas didalam kelas ataupun tugas 24 jam. Tugas-tugas tersebut bisa dikerjakan secara berkelompok ataupun individu. Juga pada saat menerima materi akan ada sesi tanya jawab, nah disini Tim Asesor memegang 1 format penilaian Keaktifan Peserta PLPG didalam kelas. Kerjasama dan Kekompakan sangat berperan disini disaat anda mengerjakan tugas baik individu atau kelompok dalam mencari bahan referensi, tidak menutup kemungkinan tugas tersebut tidak berdasarkan mata pelajaran yang anda ampuh. Keaktifan peserta juga membutuhkan kekompakan dan kerjasama. Didalam kelas pasti ada yang lebih aktif dalam bertanya ataupun menjawab pertanyaan, Dia ini akan membantu teman-temanya dalam memenuhi sesi ini, diupayakan didalam satu kelas semua harus aktif baik bertanya ataupun menjawab. Ingat Kerjasama dan Kekompakan sangat penting.

PLPG Tahun 2014 berbeda dari tahun sebelumnya, PLPG tahun ini lebih ketat dan Standar Kelulusan Ujian Nasional (UN) PLPG 2014 rumor beredar mengikuti standar UKG yakni 6.0 Jika pada saat UN PLPG pada hari akhir Diklat PLPG hasilnya tidak mencapai Standar tersebut Dinyatakan Tidak Lulus dan Mengikuti Ujian Ulang.

Demikian informasi ini semoga bermanfaat, Selamat untuk Peserta PLPG 2014, Tunjukan bahwa Anda Guru Profesioan dan Siap menjadi Guru Bersertifikasi.