Pelatihan Kurikulum 2013 Serentak Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas

Mulai tahun pelajaran 2014-2015, implementasi Kurikulum 2013 akan dilaksanakan serentak di semua sekolah. Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah menyiapkan pelatihan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Ditargetkan, pelatihan akan rampung pada Juni 2014.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan, dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemdikbud, Syawal Gultom mengatakan, kualitas keberhasilan pelatihan guru, kepsek dan pengawas sekolah dalam komponen penting implementasi Kurikulum 2013 ditentukan oleh lima variabel, yaitu peserta pelatihan, instruktur, bahan, strategi dan anggaran. 
"Jika instrukturnya berkualitas, pelatihan sudah 50 persen berhasil. Karena di instruktur itu sudah melekat materi, strategi, dan evaluasi pelatihannya," ujar Syawal saat memberikan pengarahan dalam Pra Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2014.
Syawal menjelaskan, jumlah guru yang akan dilatih sekitar 2,7 juta orang, kepala sekolah sekitar 204.000 orang, dan pengawas sekolah sekitar 29.000 orang. "Salah satu kendala pada tahun lalu itu dalam memilih pelatih atau instruktur. Karena terbatas, hanya dari 6.000 sekolah. Tahun ini ada sekitar 200.000 sekolah," katanya.

Selama pelatihan, para guru akan dievaluasi dari tiga hal. Pertama, melalui pre-test, kedua melalui post-test, dan ketiga melalui pengamatan yang dilakukan selama pelatihan. "Guru-guru yang kategori nilainya rendah akan diberi pendampingan oleh kita," tegas Syawal.
Ia mengatakan, materi pelatihan meliputi konsep Kurikulum 2013, kerangka dasarnya, serta rancangan implementasinya. Yang paling penting, katanya, adalah bagaimana membuka wawasan dan paradigma baru bagi guru dalam implementasi Kurikulum 2013. (Desliana Maulipaksi.
sumber : kemdikbud.go.id