Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif - Menurut Dahlan Isjoni, (2010:49), model pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi pelajaran, dan memberi petunjuk kepada pengajar di kelas. Menurut Ismail (2003), menyatakan model pembelajaran mempunyai makna yang luas dari pada strategi, model atau prosedur. Satuan model pembelajaran mempunyai ciri khusus yang dimiliki strategi atau motode yaitu, rasional, teoritis yang logis yang disusun oleh penciptanya. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan serta di lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model dapat juga diartikan sebagai kerangka kenseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan. Model mengajar dapat dipahami sebagai kerangka konseptual yang mendeskripsikan dan melukiskan prosedur yang sistimatik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar dan pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perencanaan bagi guru dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Sagala, (2005:175-176). Menurut Muslimin dkk (2000), semua model pembelajaran ditandai dengan adanya struktur tugas, struktur tujuan dan struktur penghargaan. Menurut Muslimin dkk (2000), pebelajaran kooperatif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengutamakan adanya kerja sama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran...........

Selengkapnya penjelasan diatas Download pada Link Dibawah Ini :
Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif