Penilaian Penetapan Angka Kredit (PAK) Untuk Guru Non PNS

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan PERMEN Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyesuaian Penetapan Angka Kredit (PAK)) Untuk Guru PNS dan Non PNS. Permen ini menjelaskan tentang tata cara penyesuaian (PAK) bagi PNS dan Bukan PNS.
Berikut Penjelasan Tata Cara Penilaian Penetapan Angka Kredit (PAK) Untuk Guru Non PNS :

Unsur dan Subunsur Kegiatan Guru Bukan PNS 
Angka kredit kumulatif guru yang tercantum pada Surat Keputusan inpassing jabatan fungsional guru bukan pegawai negeri sipil yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 47 Tahun 2007 tentang Penetapan Inpassing Jabatan Fungsional Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dan Angka Kreditnya sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2010 disesuaikan dengan cara menguraikan ke dalam: 
1. Angka kredit pendidikan sekolah
2. Angka kredit pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan
pada tabel dibawah ini:
Penyesuaian Angka Kredit Komulatif Guru Bukan PNS Sesuai Unsur dan Subunsur 
Angka kredit pendidikan ditentukan berdasarkan ijazah pendidikan tertinggi yang dipergunakan sebagai dasar penetapan inpassing. Angka kredit pembelajaran/pembimbingan adalah selisih angka kredit kumulatif dengan ijazah.

Contoh :
Didi Kurniadi, S.S., seorang Guru SMK di Jakarta Timur, mengajar Bahasa Mandarin. Terhitung mulai 1 Desember 2010 diangkat dalam jabatan setara Guru Dewasa, pangkat setara Penata, golongan III/c, dengan angka kredit 200.  Penyesuaian angka kredit yang bersangkutan sebagai berikut.Penyesuaian PAK Guru PNS dan Guru bukan PNS menggunakan Format sebagaimana tercantum dalam Format pada Lampiran Peraturan Menteri ini. Adapun untuk memperjelas pelaksanaan penyesuaian penetapan angka kredit guru PNS dan bukan PNS diberikan Contoh pada Lampiran Peraturan Menteri Nomor 4 Tahun 2014.