Nama Jokowi Muncul di Soal UN

Lembar soal Bahasa Indonesia dalam Ujian Nasional 2014 (UN) yang memuat kisah Gubernur DKI Jakarta Joko "Jokowi" Widodo, juga ditemukan di Semarang, Jawa Tengah.
Yohannes Eko Yunianto (17), siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 4 Semarang mengatakan, ada nama Jokowi dalam soal ujian nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikerjakannya Senin (14/4/2014). 

Nama Jokowi Muncul di Soal UN
"Ada soal tentang Jokowi, tetapi hanya satu," katanya saat ditemui Tribun Jateng, Selasa (15/4/2014).
Dia mengatakan, soal tersebut memuat biografi dari Capres yang diusung oleh sebuah partai. Dari keterangan beberapa siswa yang ditemui Tribun Jateng, naskah soal yang terdiri dari 20 paket tak semuanya memuat nama Jokowi.

Atas temuan itu, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Ahmad Zaid, telah meminta klarifikasi dari Dinas Pendidikan Kota Semarang. 

Ia mengatakan, Ombudsman akan menelusuri kasus pemuatan nama Jokowi dalam soal UN. Dia mengatakan, setelah memeroleh fakta berupa lembar soal yang dimaksud, akan disampaikan ke Jakarta.
"Karena itu kewenangan Kemdikbud, maka kabar ini akan kami sampaikan kepada Ombudsman pusat. Nanti akan dikaji, apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian. Jika itu sengaja, maka itu mal administrasi," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin menyatakan, pihaknya memang telah melihat langsung bukti pemuatan nama Jokowi dalam naskah soal UN Bahasa Indonesia.
"Setelah saya dan beberapa Rektor perguruan tinggi membacanya, betul, secara linguistik memang benar. Hanya, lantaran situasi politik saat ini, pemuatan tersebut menjadi perbincangan," kata Bunyamin.
Bunyamin enggan banyak berkomentar terkait hal itu. Pasalnya, pihaknya menerima naskah soal dalam keadaan disegel.
"Ini kewenangan panitia pusat. Jadi saya tidak mau mengomentari," katanya.
sumber : tribunnews.com