Inteligensi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Inteligensi dan faktor yang mempengaruhinya - Kata inteligensi dimaknai dengan kecerdasan, kemampuan atau bahkan keahlian. Dalam menjalankan fungsinya, inteligensi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Gen atau Keturunan
Seseorang yang memiliki orang tua yang keduanya atau salah satunya berinteligensi tinggi, kemungkinan besar ia berinteligensi tinggi pula. Atau jika kedua orang tua tidak berinteligensi tinggi, mungkin juga ada gen resesif (tersembunyi) yang tiba-tiba muncul, yang menjadikan anak memiliki inteligensi yang lebih dibanding kedua orang tuanya.

2. Pengalaman
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Dengan semakin beragamnya pengalaman yang dimiliki, maka inteligensi akan meningkat.

3. Latihan
Semakin sering seseorang melatih diri dan kemampuannya, maka inteligensinya pun semakin tinggi.

4. Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu faktor ekstern yang dapat berpengaruh pada inteligensi. Apabila lingkungan yang ditinggali mendukung untuk mengembangkan inteligensi, maka inteligensi pun akan meningkat. Demikian juga sebaliknya. 

5. Reward and Punishment
Ketika seseorang mendapatkan reward atas inteligensi yang dimilikinya, maka kecenderungan untuk meningkatkan inteligensinya akan muncul. Pun jika ada punishment sebagai konsekuensi akan inteligensi yang ada, maka kecenderungan untuk meningkatkan inteligensi pun akan tumbuh.

6. Pola makan dan Asupan gizi
Jika makanan yang dikonsumsi berupa makanan yang nilai gizinya cukup dan seimbang, maka inteligensi pun dapat berkembang.

Penulis : SHOIMATUL ULA
Buat rekan-rekan yang ingin tulisannya diterbitkan melalui Blog Pendidikan seperti tulisan diatas silahkan terbitkan tulisan anda KLIK DISINI Salam Pendidikan