Kata-kata Ini Wajib Diucapkan Orang Tua Pada Anak

Jika tidak ingin anak terlalu banyak terpapar oleh tayangan televisi. Sebagai orang tua, Anda harus tahu faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak. Walaupun anak cenderung akan meniru perbuatan orangtua, tapi ada beberapa cara verbal yang bisa menstimulasi anak agar mereka bertindak lebih positif.

Untuk itu, ada kata-kata yang baiknya disampaikan pada anak setiap harinya. Berikut daftar kata-kata tersebut :
1. Aku mencintaimu
Anda dapat memulai hari dengan mengatakan 'Aku mencintaimu (I Love You)' kepada anak sambil mencium pipinya. Mungkin ini sederhana, tapi kata-kata ini efektif menunjukkan kasih sayang.

2. Bagaimana harimu?
Sebagai orang tua, penting bagi Anda untuk menunjukkan minat pada kegiatan sehari-hari anak. Tidak perlu waktu lama, asalkan hal pertama yang harus Anda tanyakan adalah, 'Bagaimana harimu?'. Kata ini selalu besar maknanya bagi si kecil.

3. Tolong
Jika Anda ingin anak bersikap baik, ajarkan mereka untuk mengatakan 'tolong' sebelum meminta sesuatu.

4. Terima kasih dan Terima kasih kembali
Anak baik juga harus diajarkan pentingnya mengucapkan terima kasih dan terima kasih kembali.

5. Jangan pernah menyerah
Ketika anak tumbuh, ia harus bergabung dengan teman-temannya. Tapi masalahnya, tidak semua anak memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan. Ajarkan anak betapa pentingnya ketekunan dan kesabaran untuk mencapai tujuannya.

6. Kau menang
Sebuah kata yang menggembirakan selalu meningkatkan kepercayaan diri. Jika anak Anda telah memenangkan perlombaan atau menyelesaikan puzzle atau permainan, berikan ucapan 'Selamat, Kau menang!'. Percayalah, kata ini dapat menambah rasa percaya dirinya.

7. Hubungi Ibu atau Ayah bila sudah tiba
Sebagai orang tua yang selalu khawatir tentang keselamatan anak, mungkin ide yang baik untuk memberikan ponsel sementara saat anak akan pergi. Tapi jangan lupa untuk memberitahu mereka bahwa Anda akan khawatir dan meminta mereka untuk menghubungi orangtua.

8. Itu pilihan kamu
Sebagai orangtua, Anda juga harus mengajari dan memberikan kesempatan anak untuk membuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab atasnya. Ini berguna agar kepercayaan dirinya tumbuh.

9. Bagaimana temannya?
Tanyakan juga pada anak, siapa saja teman-temannya dan bagaimana sifatnya. Cara ini ampuh untuk orangtua dan anak menjalin kedekatan.

10. Jangan buang makanan
Seringkali karena pengaruh teman sebaya, anak-anak menuntut makan ini dan itu. Sebagai orang tua, Anda harus tegas jika anak Anda membuang-buang makanan dan bila perlu menegur mereka. Triknya, katakan dengan tegas tapi tetap tidak marah. Misalnya, 'Jangan membuang-buang makanan,kalau kamu ingin menjadi seperti Popeye'.

11. Katakan yang sebenarnya
Anak-anak cenderung menyembunyikan sesuatu dari orang tua karena mereka takut dimarahi. Tapi Anda harus membujuk mereka untuk mengatakan yang sebenarnya selalu dan mengajarkan mereka betapa pentingnya kejujuran.
source : liputan6.com