Guru Adalah Yang Terpenting

Pendidikan adalah tentang manusia dan interaksi antarmanusia. Karena itu, konsentrasi ke depan harus pada pendidiknya.Pendidiknya siapa? Guru dan orang tua. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyampaikan,kedua komponen penting itu yang sekarang terlupakan.

Dia mengatakan,kurikulum dan buku adalah untuk menstrukturkan interaksinya agar interaksi itu dapat dilakukan di semua tempat dengan baik. “Intinya, tetap pada gurunya,” katanya saat menjadi tamu pada acara Mata Najwa di Jakarta Convention Center.

Menteri Anies mengatakan, siswa bisa menyukai sebuah mata pelajaran dikarenakan metode mengajar guru yang menyenangkan. Guru yang menyenangkan menjadikan mata pelajarannya juga menyenangkan.  Mendikbud memberi contoh selanjutnya, siswa mungkin suka terhadap suatu mata pelajaran.  Namun, bila metode guru mengajar tidak menyenangkan maka pelajaran itu menjadi tidak disukai.  “Nomor satu, kita harus konsentrasi pada gurunya,” katanya.

Mendikbud mengatakan, guru harus ditingkatkan kualitas dan kemampuannya dalam mengajar dan mendidik dengan baik. Menteri Anies menghadiri undangan Metro TV pada rangkaian acara Metro-Marketing Gathering. Kegiatan ini dihadiri oleh ribuan undangan dari berbagai perusahaan agensi periklanan.