Cara Membuat Speaker Eksternal Smartphone Dari Bahan Bekas

Cara Membuat Speaker Eksternal Smartphone Dari Bahan Bekas
Speaker tambahan untuk ponsel atau speaker eksternal merupakan cara lain untuk menikmati musik bagi sebagian orang. Tak heran jika di pasaran kini banyak yang menjajahkan speaker eksternal.
Untuk memiliki speaker tambahan bagi ponsel Anda, ternyata tidak perlu mengeluarkan banyak kocek. Salah satunya dengan membuat sendiri. Membuat speaker tambahan sendiri juga tidak memerlukan bahan-bahan yang susah dicari karena barang-barang tidak terpakai di sekeliling dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat speaker.

Salah satu video di YouTube yang diunggah oleh akun Kayla Ramadhani, menggambarkan speaker ponsel yang terbuat dari bahan senderhana. Mengapa sederhana? Karena barang-barang yang ditampilkan tersebut terdiri dari pipa peralon berukuran panjang 15 sentimeter dan diameter sedang, serta dua gelas plastik.

Pipa paralon tadi kemudian dilubangi di bagian tengah. Ukurannya disesuaikan dengan besaran telefon selular yang Anda gunakan. Kemudian, lubangi salah satu sisi dari gelas plastik tersebut sesuai dengan diameter pipa peralon.

Masukkan gelas plastik yang sudah dilubangi tersebut di ujung sisi kanan dan kiri pipa paralon. Jangan terlalu rapat antara pipa paralon dengan sisi gelas yang tidak dilubangi, beri jarak setengah diameter dari gelas pelastik tersebut. Jika sudah, silahkan memainkan musik dari telefon selular, dengan posisi menggunakan load speaker. Kemudian masukkan ke dalam pipa peralon dan rasakan perbedaannya.

Pipa paralon berfungsi sebagai perantara audio dan memantulkannya ke dua gelas plastik yang terletak di masing-masing sisi paralon. Selamat mencoba...