Gaji Setara UMP dan Dapat BPJS Honorer K2 Akan Sejahtera

Seperti berita-berita sebelumnya, bahwa MenPAN-RB (Yuddy) telah menyetujui pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS, akan tetapi harus melalui mekanisme tentang pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS. Selain berita tersebut ada juga berita yang sangat dinanti-nantikan yakni tentang Gaji Honorer K2. Gaji ini akan setara UMP dan diberikan BPJS. Dari 10 poin tuntutan honorer K2, ada permintaan menaikkan gaji sesuai UMP. Ini akan kami pikirkan karena memang standar kesejahteraannya sangat rendah, kata Menteri Yuddy.

Dia mengakui, pemerintah selalu mengurusi kaum buruh sehingga gajinya rata-rata di atas Rp 2 jutaan. Sementara honorer yang gajinya di bawah Rp 200 ribu belum tersentuh fasilitas, seperti gaji yang layak dan akses kesehatan melalui BPJS.

Baca Juga : 440 Ribu Honorer K2 Akan Diangkat CPNS

"Kami akan bahas bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) soal UMP ini. Namun besarannya nanti disesuaikan dengan kemampuan daerah masing-masing, karena kewenangannya ada di daerah. Sedangkan masalah akses kesehatan, juga akan kami upayakan masuk dalam peserta BPJS," bebernya.

Dia menambahkan, ada banyak aerah yang mau‎ membayar honorarium honorer sesuai UMP, namun tidak sedikit juga yang kesulitan bayar karena PAD-nya kecil. Itu sebabnya, berapa standarnya dikembalikan ke daerah masing-masing.
sumber : jpnn.com