Seluruh Guru Honorer K2 Wajib Ikut PPG Dengan Biaya Sendiri

Seluruh Guru Honorer K2 Wajib Ikut PPG Dengan Biaya Sendiri
Salam pendidikan,.... sekelumit persoalan yang dialami guru honorer K2 mulai dari kejelasan tentang diangkatnya menjadi CPNS yang belum memenuhi titik terang, ditambah lagi Guru Honorer K2 wajib mengikuti PPG dan lebih parahnya lagi harus menggunakan biaya sendiri. Berikut ini penjelasan yang dikutip dari jpnn.com menyebutkan bahwa, seluruh guru tanpa terkecuali termasuk honorer kategori dua (K2)‎ wajib mengikuti pendidikan profesi. Ini sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pada Pasal 8 UU 14/2005, mewajibkan seluruh tenaga pendidik mengikuti pendidikan profesi. 

“Semua guru harus menjalani pendidikan profesi. Guru honorer K2 juga wajib, apalagi ketika mereka sudah diangkat CPNS,” tegas Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Sumarna Surapranata.

Baca Juga : Biaya Sertifikasi Guru 14 Juta Ditanggung Sendiri 

Dia menambahkan, pendidikan profesi pendidik, sebagaimana pendidikan profesi pengacara dan akuntan, menjadi kewajiban pribadi. Itu sebabnya, mulai 2016 pendidikan profesi menjadi tanggungan masing-masing guru. Meski begitu ada pemberlakukan afirmasi (keberpihakan) kepada orang tertentu.

Guru honorer K2 yang diangkat CPNS harus menjalani sertifikasi, biayanya tanggung jawab masing-masing. Namun pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat memberikan beasiswa untuk guru yang berkinerja baik.
sumber : jpnn.com