TPG Triwulan Tiga Cair 9 Oktober

TPG Triwulan Tiga Cair 9 Oktober
Salam pendidikan, untuk mengetahui apakah guru tersebut menerima TPG atau tidak dapat mengakses melalui laman yang telah disiapkan untuk mengecek SK pembayaran TPG sudah diterbitkan atau belum. Untuk mengecek SK Dirjen pembayaran TPG yang diterbitkan per semester tahun pelajaran.


Kabar gembira, pencairan TPG akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Pencairan TPG bagi guru yang telah disertifikasi ini dilakukan oleh dua pihak, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Daerah (Pemda). Kemendikbud berkewajiban mencairkan TPG untuk guru non PNS, semetara TPG guru PNS merupakan tanggung jawab Pemda masing-masing.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, surat perintah membayar (SPM) untuk TPG non PNS telah diselesai dibuat pada Senin (28/9) lalu. SPM pun telah diserahkan pada tiga bank penyalur, meliputi Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI.

"Yang jadi tanggungan Kemendikbud sudah. Paling lambat Jumat (9/10)," kata Sumarna.

Para guru yang telah menerima TPG dihimbau untuk tidak menguras isi tabungan saat tunjangan itu cair. Pasalnya, jika tabungan dikosongkan sampai saldo nol rupiah lebih dari satu bulan, maka tabungan otomatis akan dibekukan. Akibatnya, pembayaran TPG triwulan selanjutnya akan "mental" atau tidak bisa dikirim oleh pihak bank.

Pranata memastikan, TPG masih akan berlanjut sampai tahun depan. Telah dianggarkan Rp 80 Triliun untuk TPG PNS dan non PNS tahun depan. Anggaran tersebut naik Rp 3 Triliun dibanding tahun ini. Karena akan ada tambahan 166 ribu guru yang disertifikasi tahun ini. Selain itu, ada kenaikan gaji pokok serta kenaikan pangkat dan golongan. (JPNN.com)