Soal UKG 2015 Bocor Menggunakan Kamera Handphone

Tags

Soal UKG 2015 Bocor Menggunakan Kamera Handphone
Bacaimana caranya agar soal UKG Bocor dengan menggunakan kamera handphone..? sangat mudah sekali berikut ulasan singkatnya.

Pada saat memuali proses ujian soal akan ditampilkan satu persatu berdasarkan urutan dengan satu halaman penuh untuk per satu soal, peserta menggunakan kesempatan untuk memotret semua soal, ini terjadi di salah satu daerah dan ujian dihentikan beberapa waktu.

"Seorang peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) berhasil memfoto seluruh soal yang dia kerjakan dengan ponselnya. Kemudian soal tersebut di-share ke Whatsapp sehingga soal UKG bocor dan terpaksa dihentikan di wilayah tersebut untuk beberapa waktu," kata Retno.

Namun, terang dia, pelapor setelah dikonfirmasi ulang belum menyebutkan lokasinya. Laporan paling banyak adalah keluhan para peserta UKG tentang soal pedagogik yang semuanya dikaitkan dengan pembelajaran kurikulum 2013. 
Pengaduan tentang ini masuk dari 26 kota/kabupaten. Para guru yang masih menggunakan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengeluhkan soal UKG yang pedagogiknya berkaitan dengan kurikulum 2013. 
Mereka mengeluhkan nilai yang rendah karena tak mampu menjawab soal pedagogik, apalagi mereka belum pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013. Artinya, nilai mereka sesungguhnya tidak mencerminkan kompetensi pedagogiknya.